Ampyang (Gulo Kacang)

Ampyang

Ampyang adalah satu jenis jajanan pasar tradisional yang terbuat dari bahan utama kacang tanah dan gula Jawa / gula merah. Karenanya Ampyang juga sering disebut Gula Kacang, satu nama yang sepenuhnya merepresentasikan komponen yang ada di dalamnya. Cara membuatnya cukup sederhana, kacang yang telah disangrai dimasukkan dalam cairan gula Jawa dan kemudian didiamkan hingga mengeras.
Ampyang berwarna cokelat kehitaman dan mempunyai rasa manis-gurih. Teksturnya agak keras, mirip cokelat batangan yang di dalamnya berisi kacang-kacangan. Rasanya tak banyak variasi, yang paling umum adalah rasa orisinal gula Jawa dan jahe.  Untuk memperkaya rasa, biasanya jahe turut ditambahkan dalam proses pembuatan Ampyang. Namun belakangan ada juga yang berinovasi membuat Ampyang rasa cokelat. Segelas teh hangat tanpa gula akan menjadi pendamping sempurna menikmati Ampyang. Rasa Ampyang yang manis akan diimbangi oleh teh kental yang wangi dan bercitarasa agak sepat (karena tanpa gula).


Resep membuat ampang

Bahan-bahan Ampyang
  • Kacang tanah (sangria), 250 g
  • Gula merah (lelehkan), 250 g
  • Jahe (parut dan peras), 5 cm
  • Air matang, 50 ml
Cara Membuat Kue Kering Ampyang
  1. Siapkan nampan beralas kertas roti, lalu cetak ampyang dengan wadah tersebut.
  2. Sementara itu, panaskan gula dalam wajan dengan tambahan air secukupnya agar gula mudah meleleh. Masukkan juga perasan air jahe dan kacang tanah sangrai, lalu aduk rata segera sebelum mengeras.
  3. Setelah itu, ambil ampyang dengan menggunakan sendok, tuangkan pada kertas roti dan bentuk bulat datar atau sesuai selera. Ulangi hingga ampyang habis dan lakukan dengan segera sebelum mengeras.
  4. Selanjutnya dinginkan ampyang yang sudah dibentuk sampai kering dan mengeras. Lalu simpan dalam toples atau wadah kedap udara.
  5. Kue kering ampyang siap disajikan.

Comments